Cara Dasar Membaca Chart di Indodax

25
cara membaca chart
cara membaca chart

Kali ini saya akan sharing bagaimana cara membaca chart bitcoin atau altcoin di indodax untuk menentukan kapan harus beli dan jual pada coin tertentu. mungkin banyak dari trader pemula masih bingung untuk menentukan kapan harus melakukan buy dan kapan harus melakukan sell. dan disini saya anggap kalian sudah mengerti cara melakukan buy dan sell ya.

Sebelum Membaca Chart Indodax

Ada juga beberapa faktor yang harus kalian ketahui, sebelum memutuskan untuk menganalisa atau membaca arah trend dari chart coin yang ingin anda perdagangkan. yaitu adalah volume transaksinya, tips buat kalian yang pemula, pastikan pilih coin yang volume harianya lebih dari 1 miliar. untuk memastikan likuiditas jual maupun beli. karena percuma jika misalkan kita dapat coin murah, tapi kita susah untuk menjualnya.

Cara Dasar Membaca Chart Indodax

Dan pada contoh kali ini, saya akan menggunakan Chart BCH/IDR seperti yang terlihat dibawah ini :

Chart BCH/IDR

Sebelum anda memulai membaca chart, sebaiknya anda ketahui dulu fungsi dari menganalisa chart ini, btw chart yang terlihat ini adalah menggambarkan pergerakan harga yang sudah terjadi sebelumnya, dengan chart ini sebenarnya tujuanya adalah melihat trend kemana harga akan bergerak, dan dalam jangka waktu berapa. dengan chart kita bisa memproyeksi ke arah mana arah harga dan sampai kapan.

Nah jika anda sudah mengerti tujuan dari membaca chart, sekarang kita mulai praktek, didalam chart ada yang namanya timeframe, seperti tanda panah yang anda di gambar diatas, jika 1D , itu artinya 1 candle (lilin merah atau hijau) berdurasi 1 hari. Timeframe ada berbagai pilihan, dari 1 menit , 5 menit , 15 menit , 30 menit , 1 Jam , 4 jam , 1 hari , 1 minggu dst.

Dan dalam tradingpun ada banyak jenis trader, ada scalper , ada swing, dan disinilah peranan timeframe tersebut, misalkan saja anda adalah scalper , seorang trader yang ingin melakukan buy , dan mengusahakan sudah menjual secepat mungkin, maka lebih baik anda menggunakan timeframe yang kecil misalkan saja 30 menit. dengan demikian anda akan lebih mudah melihat arah pergerakan harga sekitar beberapa jam kedepan. sampai disini mudah2an kalian sudah mengerti.

Jadi Point Yang lebih penting sebelum membaca chart adalah, ketahui dulu trading anda, ingin bermain di Jangka Pendek , Menengah atau Jangka Panjang. karena jangan sampai anda bermain secara short term, tapi anda memperhatikan timeframe besar, karena trend di timeframe besar, kemungkinan saja berbeda dengan trend di timeframe kecil

makanya ada istilah, Major Trend , Secondary Trend. setelah mengerti tentang ulasan diatas, barulah mulai pelajari dasar analisa teknikal seperti cara menggunakan trend line , mengenal support resistance , atau mungkin bisa menggunakan alat bantu seperti RSI , Garis Moving Average , Fibonacci dll

Kesimpulan dari artikel ini adalah, hanya ingin meluruskan saja, sebelum anda belajar terlalu banyak tentang indikator, ada baiknya anda mengetahui dulu tujuan anda membaca chart.

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)