Tokocrypto VS Indodax , Mana Yang Lebih Bagus ?

16767
tokocrypto vs indodax

Hallo Traders Crypto rasanya sudah lama banget saya tidak update seputaran crypto di blog ini, tapi bukan berarti vakum ya, minggu2 ini saya lebih sering update tutorial crypto di channel youtube bitcoin indonesia. dan telegram channel , nah mumpung lagi bengong , sekarang saya pengen bahas tentang exchange crypto nih, banyak yang tanya ke saya.

bagusan mana sih antara tokocrypto atau indodax , biar obyektif langsung aja deh kita bahas dibawah ini.

Tokocrypto atau Indodax ?

Sesuai pengalaman saya, untuk memilih exchange crypto yang pas buat digunakan, ada beberapa faktor umum yang biasanya kita lihat dan pertimbangan antara lain adalah , Fee Transaksi, Fee Penarikan , User Interface (antarmuka) , likuiditas (volume transaksi) dan dari ke 4 faktor ini sekarang kita bandingkan antara tokocrypto dan indodax.

Fee Transaksi

fee transaksi adalah biaya yang dikenakan ke member pada saat melakukan jual maupun beli, dan transaksinya biasanya ada 2 jenis transaksi yaitu adalah , limit order dan market order. dibawah ini adalah perbandingan fee transaksi dari tokocrypto dan indodax.

Tokocrypto : Limit : 0.1% Market : 0.1%

Indodax : Limit : 0% (free) Market : 0.3%

Fee Penarikan (withdraw)

fee penarikan adalah biaya yang dikenakan ke member pada saat melakukan penarikan dana berupa rupiah ke rekening atapun berupa aset crypto, namun yang paling sering diperhatikan disini adalah biaya penarikan ke rekening bank. dan berikut ini adalah biaya penarikan antara tokocrypto dan indodax

Tokocrypto : Rp 5000 (Flat)

Indodax : 0.5% dari Nilai Penarikan. Flat Rp 25.000 (Update 2021)

User Interface ( Antarmuka Platform)

user interface ini menentukan, apakah platform ini mudah dioperasikan atau mudah untuk dinavigasi, tampilan yang menarik, dan tentu ini relatif, kalo ngomongin kedua platform ini sih udah keduanya mode trading ya. jadi semua bisa kita lihat seperti ada orderbook, recent transaksi, chart, dll. mungkin dibawah ini adalah beberapa kelebihan antara kedua platform dari sisi user interface.

Tokocrypto : Aplikasi Mudah digunakan, Responsiv dan Terdapat lebih banyak pair USDT.

Indodax : Aplikasi Sudah Lumayan bagus Saat ini, tanpilan versi web yang sederhana dan ada chatroom tempat ngobrol sesama member.

Likuiditas / Volume Transaksi

Volume transaksi juga sangat penting, dengan adanya volume yang besar, tentu kita akan lebih mudah dan lancar dalam melakukan transaksi jual beli, apalagi dalam nominal besar, misalkan ratusan atau miliaran rupiah. berikut ini adalah perbandingan volume transaksi antara tokocrypto dan indodax.

Tokocrypto : Pair BIDR masih dibilang relatif sedang, di BTC/BIDR berkisar diantara 8 miliar rupiah perhari. tapi kelebihanya disini ada pair USDT yang memberikan likuiditas yang tinggi, seperti pair BTC/USDT yang marketnya langsung terhubung ke market global melalui binance cloud.

Indodax : Untuk Pair IDR sepertinya masih yang terbesar di indonesia, sebagai contoh di hari ini 14/01/2021 volume transaksi di BTC/IDR adalah 195 Miliar rupiah, namun ada juga pair2 altcoin yang volumenya kecil.

Nah demikian perbandingan antara exchange tokocrypto dan indodax, jadi kesimpulanya adalah keduanya cukup bagus, apalagi keduanya sudah teregulasi di indonesia. jadi tinggal kalian sesuaikan aja dengan kebutuhan. sebenarnya pilihan exchange untuk trading crypto bukanlah alasan utama agar kita bisa profit di market. yang lebih penting dalam trading adalah bagaimana strategi trading yang kita gunakan, dan pintar menjaga emosi dan psikologi.

Daftar Tokocrypto

Daftar Indodax

DAFTAR DI BINANCE (Platform Trading Bitcoin Terbesar di Dunia)

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)