PayPal dan Venmo Adopsi Jual-Beli Kripto – Bullish/Bearish?

3
Source: Coindesk

Raksasa fintek global, Paypal, berencana untuk merilis perdagangan kripto kepada 325 juta penggunanya

Baru-baru ini, Paypal dapat digunakan sebagai medium alternatif untuk menarik uang dari kripto exchange, seperti Binance. Kendati demikian, itu bisa jadi pertama kalinya mereka menawarkan perdagangan kripto secara langsung, laiknya kripto exchange.

Walau mereka masih sangat dini untuk berkecimpung di dunia kripto, karena satu alasan dan lainnya, ini semua masih berstatus “abu-abu” mengingat jikalau mereka benar-benar serius menjadi kripto exchange, maka berapa aset kripto yang harus ditambahkan ke dalam platform fintech temuan Elon Musk tersebut.

Kendala lain yang akan dihadapi Paypal adalah masalah likuiditas, dimana pelanggan Paypal yang sebesar 325 juta tersebut, belum tentu masuk ke dunia kripto meskipun aksesnya telah dipermudah oleh si platform. Menurut narasumber terkait, mereka berharap Paypal bisa jadi akan bekerjasama dengan beberapa kripto exchange untuk dijadikan sumber likuiditas.

Perlu digarisbawahi bahwasanya Paypal telah melangsungkan hubungan kerjasama dengan salah satu kripto exchange, Coinbase, di tahun 2016. Dua tahun berselang, Coinbase menerapkan instant penarikan Fiat ke Paypal, hanya tersedia bagi pelanggan di AS. Kemudian, tahun lalu, pengguna Coinbase Eropa dapat menarik Fiat ke akun Paypal mereka, diikuti pula oleh Kanada.

Tidak hanya itu, Paypal belakangan ini juga memposting lapangan kerja terkait blockchain dalam Blockchain Research Group, dimana 4 ada di AS dan 4 ada di Singapore. Ekspansi masif semacam ini diikuti selaras dengan proyek Facebook yaitu Libra, yang sekarang fokus ke dalam platform alat pembayaran.

Bullish/Bearish?

Pada akhirnya kita datang pada kesimpulan bahwa berita ini Bullish (memberi dampak positif) atau Bearish (memberi dampak negatif) ke komunitas kripto. Soalnya, masih banyak pertimbangan lain untuk menjatuhkan sebuah kesimpulan.

Di satu sisi, Paypal berekspansi menjadi laiknya kripto exhcang dianggap bullish oleh sebagian orang. Sebab, mereka berasumsi pengguna Paypal yang telah mencapai 325 juta itu, dapat langsung membeli kripto tanpa harus lagi membuat akun di kripto exchange yang lain. Tidak hanya itu, Paypal telah menjadi partner bagi merchant retail di berbagai ecommerce di dunia, seperti eBay, digadang-gadang dapat lebih mempermudah proses transaksi yang ada.

Namun, di sisi lain, implementasi yang diberlakukan Paypal secara masif dan expansif ini, dapat berdampak pada makin besarnya skeptisisme terhadap kripto. Sebab, negara akan kehilangan power nya dalam mengontrol rakyat dalam hal uang. Hal tersebut terjadi baru-baru ini di Brazil, dimana pemerintah mencabut keberadaan Whatsapp pay yang masih di tahap uji coba. Sehingga, mereka akan selalu ada alasan untuk blaming kripto akan bobroknya sistem moneter dunia yang mereka adopsi sendiri, dimana dapat memicu pelarangan keras.

Akhir kata, You decide. Putuskan sendiri.

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)