Pakai Teknikal Atau Fundamental Untuk Analisa Bitcoin

76

Bingung Pakai Teknikal Atau Fundamental Untuk Analisa Bitcoin – Hallo trader, apa kabar kalian hari ini, nah mungkin pertanyaan ini umum sekali bagi para trader pemula. seperti kita tau, dalam menganalisa harga atau pergerakan market, ada 2 jenis analisa yang bisa kita gunakan, yaitu dengan Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental.

Apa Itu Analisa Teknikal dan Fundamental

Sebelum kita berjalan lebih jauh, sebelumnya kita harus tau dulu, apa sih arti dari kedua analisa tersebut.

Analisa Teknikal Adalah Metode memprediksi harga harga berdasarkan data historis sebelumnya. dengan melihat pergerakan harga yang sudah terjadi sebelumnya, diharapkan dengan analisa tersebut bisa memprediksi harga yang akan terjadi selanjutnya. selain itu, dengan analisa teknikal kita bisa mengetahui arah trend dari market tersebut. analisa yang dilihat bukan hanya data histori, ada beberapa analisa juga yang bisa digunakan seperti volume transaksi dan funding interest dalam market futures.

Analisa Fundamental adalah Analisis yang berdasar pada situasi ekonomi politik dan fondasi dari aset tersebut. Para analis fundamental biasanya lebih memperhatikan informasi yang terjadi seperti berita terkini, event , prediksi reaksi dalam sebuah berita dll. dengan menggunakan fundamental analisis, darisini kita juga diharapkan bisa memprediksikan arah trend yang akan terjadi.

Lalu mana Yang Lebih Bagus ?

sebagai seorang trader, setidaknya kalian harus mengerti kedua jenis analisa tersebut secara umum, karena ketika berbicara lebih spesifik kedua analisis diatas bermakna cukup luas. dan keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Sebagai seorang trader, khususnya trader futures, sepertinya analisa teknikal lebih kita perlukan, karena analisa dalam jangka waktu pendek akan lebih mudah jika kita menggunakan analisa teknikal. misalkan saja pada bitcoin di timeframe 15 menit, 1 jam ,dengan menggunakan analisa seperti trend line , support resistant, tentu akan lebih mudah. namun kita juga tidak bisa melupakan analisa fundamentalnya. misal saja trend line menunjukan naik. namun tiba2 ada berita negatif yang cukup tersebar di media besar. maka analisa teknikal kita menjadi tidak valid lagi.

Cara yang terbaik menyikapi kedua jenis analisa ini adalah, dengan menggabungkan kedua analisa tadi. jadi kita pelajari dan sebisa mungkin kuasai kedua tehnik diatas. maka prediksi kita akan menjadi lebih akurat.

Seni menganalisa adalah, bagaimana sudut pandang kita melihat sesuatu yang belum terjadi. bukan yang sudah terjadi, ada banyak orang yang salah melihat analisa teknikal karena mereka selalu berpacu pada sesuatu yang sudah terjadi, bukan melihat sesuatu yang akan terjadi. secara psikologi, memang benar, trend yang sudah terjadi akan bisa saja terjadi kembali, namun pergerakan harga selalu bersifat dinamis. maka dari itu, Plan A dan Plan B wajib kalian siapkan ketika market tidak sesuai dengan prediksi yang kita harapkan.

Dalam Trading tidak ada orang yang bisa selalu benar memprediksi pergerakan market, bahkan orang pada saat pertama kalinya trading pun mereka punya 50% kemungkinan profit, dan 50% kemungkinan Loss. karena pergerakan harga hanya ada 2 yaitu naik dan turun. nah dengan menggunakan kedua jenis analisa diatas, kita diharapkan bisa mempunyai estimasi lebih dari 50% dan selalu meminimalisir Loss. misalkan estimasi profit 70% dan Loss 30% saja kita sudah bisa profit dalam jangka panjang.

Mengejar profit tentu tidak semudah itu, terkadang analisa sudah bagus, prediksi sudah benar, namun eksekusinya kurang maksimal. maka yang terjadi adalah, trader menjadi panik, dan keluar dari analisanya dan mulai menggunakan emosinya untuk trading. nah ini juga harus diperhatikan. pada kasus ini maka ada faktor psikologi yang juga mempengaruhi trading kita. setelah bisa menguasai kedua jenis analisa diatas, selanjutnya anda juga harus menguasai psikologi dalam trading anda. agar seimbang antara analisa dan eksekusinya.

Di artikel selanjutnya saja akan membahas bagaimana cara mengatur psikologi yang baik dalam trading. jadi pastikan kunjungi terus bitcoinindonesia.net untuk mendapatkan informasi dan pelajaran yang bermanfaat untuk trading anda.

Kesimpulan :

Jika anda mulai serius menekuni dunia trading khususnya trading bitcoin atau future trading bitcoin, kedua analisa ini harus kalian perdalam setiap saat, lalu kombinasikan sesuai dengan gaya trading anda. sebenarnya jika kalian serius, semua pelajaran tersebut sudah tersedia di internet, tinggal rajin membaca dari artikel2 seperti yang tersedia di blog ini. jangan malas belajar, ttp update ilmu anda sebanyak mungkin, sampai pada akhirnya kalian akan menemukan formula sendiri dalam trading.

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)