Kisah Rugi Dari Trading Binary Option

279
trader loss
trader loss

Hallo Trader, Kali ini saya akan sharing kisah teman saya yang rugi main trading di binary option, Hari ini saya mendapatkan pesan whatsapp dari salah satu teman saya tentang trading binary option yang dia tekuni beberapa bulan terakhir. diapun bercerita kalau dia habis sekitar 200 juta lebih dalam platform trading option yang saat ini lagi ramai di dunia maya bahkan di youtube. sayapun ikut bersedih mendengar ceritanya. dan berusaha menenangkan teman sy tersebut. dan mulai perlahan mencoba memberi semangat dan mengikhlaskan semua yang sudah terjadi.

Rugi 200 Juta dari Trading Binary Option

pada artikel ini saya tidak akan menyalahkan siapapun dan mencoba untuk objektif kenapa kerugian teman saya itu bisa terjadi begitu cepat dan seperti terhipnotis. barangkali teman teman pasti tau kan trading option yang rame di youtube yang katanya bisa bikin duit dari 1 juta jadi 1 miliar, bahkan kita bisa dapat 16 juta dalam 1 jam. oh my god , kalo memang semudah itu duit yang kita menangkan itu darimana cuy ?

Yang membuat sedih adalah, kenapa para influenser ini selalu memperlihatkan betapa mudahnya mencari uang di aplikasi binary option tersebut, kalo emang bener mereka mudah cari disana. kenapa bukan dia aja yang main, terus duitnya bagi2. tapi pada kenyataanya orang yang termakan perkataanya akan mencoba mengikuti tanpa ada knowlegde sebelumnya. al hasil duit ludes dalam sekejap.

Sebagai Ilustrasi…

Psikologi umum seseorang adalah, ketika mereka tertarik mencoba, biasanya orang tersebut akan mencoba dengan dana kecil misalkan saja 500rb. mulai 500rb ini anda sudah masuk ke dalam permainan. di awal kadang newbie ini profit, dan sangat senang sekali. itu tentu karena dalam profit walaupun tidak mengerti apa2 kita sudah bisa perpotensi profit 50% , dan rugi 50% kan. setelah profit tadi, sudah sangat tidak mungkin orang tersebut akan tidak mencobanya lagi, akhirnya dia mulai open posisi lagi, dan ternyata loss semuanya.

Tentu Otak kita merespon bahkan alam bawah sadar kita langsung merespon, “tadi aja profit, ah deposit lagi ntar aja juga balik” lalu si newbie ini deposit lagi sebesar 1 juta, dengan harapan uang 500rb pertama tadi balik bahkan bisa tambah profit. akhirnya dia main tebak tebakan di market, apalagi dalam trading option itu ada waktu close misalkan 1 menit dari open posisi, ini tentu psikologi banget. dan akhirnya apa yang terjadi, beberapa open posisi, si newbie profit sudah hampir balik modal 500rb tadi, tapi padahal sedikit lagi balik modal, si newbie mulai loss lagi, bahkan kehabisan deposit keduanya. sampai disini si newbie sudah loss 1,5 juta.

Secara kurang sadar, si newbie mulai berfikir lagi, “aduh 1,5 juta rugi dalam sehari, itu kalau dibelikan makanan udah cukup seminggu” akhirnya si newbie ini mulai deposit lagi dengan dana yang lebih besar , sekarang 10 juta. dengan harapan sekali open posisi langsung bisa balik yang 1,5 juta tadi. dia mulai trading lagi dengan dana yang lebih besar, dan apa yang terjadi, open posisi pertama dia langsung dengan nilai 1,5 juta lalu profit.. wow.. dalam otaknya berfikir, apa gw bilang pasti balik.. saat ini posisinya sudah balik modal. nah mulai lagi nih dia open posisi lagi sekali, karena nanggung kalo main tidak profit. akhirnya Op lagi 1,5 juta.. eh malah loss.. berlanjut lagi Op Op Op op sampai pada akhirnya 10 juta deposit ketika melayang.

sampai disini tanganya mulai bergetar, pikiran mulai kemana2, bingung harus cerita ke siapa tentang kerugianya ini, takut ketauan dengan orang tua ataupun keluarnya. setelah perenungan sejenak, si newbie mulai mengkalkulasi lagi. dan sedikit belajar analisa umum yang tentu saja tidak begitu perpengaruh dengan market. dan karena merasa sudah lebih baik, si newbie ini mulai deposit lagi. dan kali ini ga main2. dia mulai deposit 100jt. karena secara alam bawah sadarnya tentu berfikir, kerugian 11,5 juta sebelumnya akan susah dia dapatkan kembali dengan modal yang sama, tentu saja dengan modal yang lebih besar untuk mendapatkan kembali kerugian sebelumnya. yups dia masukan duit 100 juta dari hasil kerjanya selama bertahun tahun ke platform trading option.

karena sudah sempat membaca tentang artikel trading dan nonton video orang profit di youtube yang KATANYA sampai miliaran, (padahal belum tentu itu rill) si newbie ini mulai trading lagi, pada saat ini si newbie mulai memaksa dirinya untuk tenang menghadapi market. dan pada situasi ini si newbie sudah sedikit berbekal analisa dasar dan sedikit money manajemen. diapun mulai trading..

Beberapa Open posisi, ada profit maupun loss agak seimbang sehingga dia masih belum bisa menutup kerugian sebelumnya, sampai pada akhirnya, si newbie ini mulai malas menunggu dan menaikan size open posisinya, dia langsung open posisi 20 juta karena terpengaruh youtuber yang op besar tapi profit, tapi apa yang terjadi.. Yes dia Profit.. saat ini dia sudah dalam posisi untung 5 juta. Namun tentu saja otak bawah sadarnya kembali berfikir,, “Gimana kalo lagi sekali OP posisi 20 juta. kan bisa profit 25 juta.. dia langsung OP 20 juta lagi, dan profit lagi.. “Wow kalo kaya gini gampang nih cari duit, saya sudah bisa baca market” nah mulai lagi nih lagi sekali aja deh biar profitnya genap 50jt. si newbie ini Open Posisi lagi dan sekarang op menjadi 25 juta. tapi nasib berkata lain, kali ini loss, lalu dia op 25 juta lagi malah loss lagi, Op 25 juta , LOSS terus.. . tanganya pun mulai bergetar lagi, saat ini saldonya tinggal 50jt. akhirnya dia beranikan diri untuk Op lagi sebesar 40 juta dan Loss , sisa saldonya tinggal 10jt. si newbie berhenti sejenak sambil merenung, kenapa saya harus op lagi tadi.. padahal modal sudah sempat balik modal. akhirnya si newbie sudah gabut, duit sisa 10 juta tadi dia all in kan, tanpa analisa dan merasa 10 juta tadi sudah sangat kecil dibandingkan total kerugianya,, eh malah profit, sekarang jadi 20 juta. dia op lagi 20 juta.. Dan akhirnya Loss.. sisa saldo si newbie sekarang sudah 0

Dari kisah trader newbie diatas, hanya dengan 500rb diawal saja kalian bisa kehilangan uang hingga ratusan juta, itulah yang menjadi pelajaran buat kita semua, jadi yang salah disini adalah bukan serta merta dari platformnya atau tradingnya. yang saya ingatkan adalah cara anda berfikir dan tujuan trading itu sendiri.

Pada cerita diatas si trader sudah tidak mencari profit lagi, tapi ingin membuktikan kalo prediksinya benar. seperti tebak tebakan, hanya saja, untuk membuktikan kebenaran prediksinya si trader pake duit besar. pada akhirnya di akhir ketika semua uang yang dia punya dan kamu kumpulkan bertahun tahun hilang dalam hitungan jam. ketika semuanya sudah hilang, dan barulah menyesal, bahwa mencari uang tidak semudah itu. ini sebenarnya sama saja seperti kita memulai usaha konvensional, semuanya butuh proses dan belajar. apa jadinya ketika kamu yang tidak bisa masak dan tidak punya pengalaman bisnis, tapi malah buka resto, all hasil resto kamu bangkrut, cuman bangkrutnya tidak dalam 1 jam, tapi biasanya minggu pertama, masih semangat promo sana sini, minggu kedua mulai agak lemes, minggu ketiga sudah gak bisa bayar karyawan, minggu ke empat Tutup.

Kesimpulan :

Jangan pernah menaruh semua Dana anda ke sesuatu yang belum anda mengerti, setiap industri itu sudah ada ahlinya, seperti dunia trading, apapun jenisnya, ketika anda baru memulainya, kalian harus menyadari, di dunia tersebut, sudah ada banyak orang yang hingga puluhan tahun berkecimpung dalam dunia tersebut. jadi jangan berharap kamu bisa lebih pintar dari mereka hanya dalam waktu beberapa hari.

Dan brokerpun tidak semuanya jujur, tentu ada broker nakal ada broker jujur. walaupun demikian, jika kita berfikir rasional, kenapa ga ditelusuri dulu, ini sistemnya adil atau tidak, kalau berasa kurang yakin langsung aja jangan dipake. contohnya aja : ada orang yang nawarin anda asuransi , katanya pada saat meninggal kita dapat dana kematian, biasanya kalian dihubungi lewat tlp entah mereka dapat nomor kita darimana, tapi kalo menurut kita itu kurang bermanfaat ya abaikan saja dan jangan pernah mencobanya.

Psikologi itu sangat penting, baik dalam trading , berbisnis bahkan dalam kehidupan kita sehari hari. karena dengan psikologi yang baik, kita lebih bisa memilah, mana yang baik untuk kita kerjakan, dan mana yang harus kita hindari. kalau hanya berbiacara memang sangatlah mudah, tapi dalam prakteknya cukup susah, jadi harus dilatih. dan terus dilatih secara perlahan mental anda akan terlatih.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Pengalaman Saya Trading di Binary Option

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)