Crypto Mulai Mendistrupsi Dunia Game

133
bitcoin indonesia
bitcoin indonesia

Distrupsi Crypto ke kehidupan kita sudah mulai semakin terasa, seperti tahun sebelumnya distrupsi crypto ke dunia perbankan memang sangat berasa khususnya bagi sayapribadi. dimana teknologi blockchain bisa memecahkan solusi Meminjam and Menabung tanpa perantara yang biasanya kita sering dengan dengan istilah DeFi (Decentralisasion Finance) dari katanya saja kalian pasti sudah mengerti, yaitu, kita tidak perlu lagi mempercayakan uang yg kita punya untuk disimpan di bank, di mana di dunia DeFi ini kita punya kendali penuh terhadap aset yg kita punya. (Yg Nabung Interestnya Besar, Yang Pinjem Ga Ribet dan Langsung Cair)

Walaupun Demikian, sepertinya dunia DeFi ini hanya masih dinikmati oleh orang2 yang cukup mengerti dengan cara kerja DeFi, bahkan tidak semua penyedia DeFi bisa dikatakan bagus, ada banyak juga pemain nakal yang berpartisipasi. diperlukan skill untuk memilih Platform DeFi mana yang bagus atau tidak.

Teknologi Crypto dan Blockchain Mengambil Alih Dunia Gaming!

Setelah Dunia DeFi sekarang lahirlah GameFi (Game Finance) dimana pada saat kita bermain game bisa menghasilkan mata uang crypto yg bisa kita tukarkan menjadi uang asli melalui exchanger crypto, Game seperti ini berkonsep Play to Earn. salah satu game yang sukses menggunakan konsep ini adalah Axie Invinity dari Sky Mavis. mereka membuat bermain game menjadi berbeda, karena aset di dalam game bisa kita jual belikan di marketplace crypto dan kita mempunyai bukti kepemilikan item dalam game yg biasanya disebut NFT (Non Fungible Token)

NFT ini tersimpan dalam wallet crypto yang kita gunakan untuk membeli, mayoritas game crypto menggunakan jaringan blockhain ethereum. dalam ethereum kita bisa membuat smartcontract tanpa interferensi pihak ketiga. jenis tokenya juga beda2. untuk NFT seperti ini biasanya menggunakan contract erc721. Sedangkan untuk aset ekonomi biasanya menggunakan erc20.

Namun Karena Mahalnya Gas Fee Jaringan Ethereum saat ini, membuat beberapa developer mengembangkan Sidechain atau layer 2, blockhain baru yang berjalan menggunakan ethereum sebagai jaringan utama. dengan sidechain seperti ini fee transaksi menjadi sangat murah. salah satu sidechain yang populer adalah Binance Smart Chain (BSC) , Polygon (Matic) sedangkan untuk sky mavis menggunakan Sidechain Ronin Network

Sistem NFT ini cukup menarik dimasa depan, dengan sistem seperti ini, tidak menutup kemungkinan 1 game bisa dimainkan atau dikembangkan oleh developer lain dengan menggunakan aset game yang sama. mereka tidak perlu lagi bersaing melainkan bisa berkolaborasi dimasa depan dan punya ekosistem dan nilai ekonominya sendiri.

Akan Ada Dunia Kedua (Metaverse)

Jika Kalian Pernah Nonton Film Second Life, Kemungkinan dalam 100 tahun kedepan, Film tersebut akan menjadi kenyataan. dimana kita bisa hidup di dunia kedua, melalui game virtual, kita bisa melakukan apa saja, seperti mencari uang, bersenang – senang, berkomunikasi , sosial dll. dan generasi sekarang sudah tidak asing dengan cara tersebut,

Istilah Metaverse ini semakin sering kita dengar, bahkan Founder Facebook, Mark juga pernah menyebutnya kalau facebook juga akan mengembangkan konsep metaverse ini di sosial medianya Facebook dimasa depan. kita tidak hanya bisa saling berkomentar di sosmed, tapi kita juga bisa ngobrol layaknya bertemu langsung dengan karakter 3d menggunakan perangkat VR (Virtual Reality) dengan Teknologi AI yg semakin berkembang.

Konsep Game Crypto seperti ini juga sudah ada, dimana didalam game kita bisa membeli lahan, membangun rumah, berkomunikasi , jual beli item layaknya di film Second Life Yaitu Decentraland. game ini punya mata uangnya sendiri yaitu (MANA) mata uang ini berbentuk aset crypto menggunakan jaringan ethereum. MANA ini bisa kita jual atau beli menjadi mata uang asli Rupiah melalui exchanger.

What Next ?

Dengan kesuksesan beberapa developer game yang menggunakan crypto sebagai unsur ekonominya, tentu saja beberapa pemain besar lain di dunia game tidak akan mau ketinggalan kue. prediksi saya nantinya akan ada banyak lagi game yang berkonsep play to earn lainya. ini masih awal dan akan terus berkembang kedepanya.

Apa Yang Harus Saya Lakukan ?

Saya Sebagai Penggemar dan Penggiat Crypto, tentu saya akan melakukan hal yang sesuai kapasitas pribadi, yg saya lakukan adalah berinvestasi pada coin game yg saya anggap akan booming di masa depan dengan membeli coinya dengan harapan nilai coinya akan naik dimasa depan. beli simpan tinggalkan, lalu liat kembali ketika sudah booming, Cara ini juga yg saya lakukan pada saat mulai mengumpulan Bitcoin BTC dan ETH dari 4 tahun silam. tentu semuanya tidak semudah yg dibicarakan. perlu belajar mendalam untuk meyakinkan diri dan ikhlas ketika apa yg kita harapkan tidak sesuai kenyataan. kuncinya adalah uang yg dipakai untuk berinvestasi. jangan paksakan untuk membeli lebih banyak , kalian bisa gunakan sistem cicil beli atau sering dikenal dengan istilah DCA (Dollar Cost Averaging)

Perlu diingat, ulasan diatas hanya opini saya pribadi.

Salam Profit!

DAFTAR DI BINANCE (Platform Trading Bitcoin Terbesar di Dunia)

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)