Bitcoin Tembus $10.000 , Permintaan Dollar Melemah

19
  • Bitcoin naik di atas $ 10.000 dalam reli semalam Senin untuk pertama kalinya sejak 8 Mei 2020.
  • Keuntungan muncul karena investor menjual dolar AS untuk aset berisiko di tengah optimisme tentang pemulihan ekonomi.
  • Faktor-faktor lain, termasuk ketegangan AS-Cina dan kenaikan pasar saham, juga berkontribusi pada reli.

Bitcoin naik pada hari Senin dalam reli yang mengejutkan yang harganya naik hampir $ 1.000 dalam waktu kurang dari 12 jam.

BTCUSD melompat level harga $ 10.000 | 
Sumber: TradingView.com

Cryptocurrency benchmark naik 10,17 persen menjadi $ 10.428 menjelang penutupan tengah malam UTC. Pergerakan liar menanjak membantu menembus bitcoin di atas resistensi teknis penting yang ditentukan oleh garis tren menurun jangka panjang dan tingkat harga $ 10.000.

Lebih lanjut mengindikasikan kemungkinan pedagang menguji $ 11.000 dalam beberapa minggu mendatang.

DOLAR LEBIH LEMAH

Pergerakan di pasar bitcoin mengambil isyarat dari fundamental makro yang mendukung.

Pada hari Senin, Indeks Dolar WSJ , yang mengukur greenback terhadap 16 mata uang lainnya, jatuh 0,57 persen menjadi 92. Pengamat mencatat bahwa investor menjual dolar untuk membeli mata uang berisiko, sentimen yang mungkin telah memicu kenaikan harga bitcoin di atas $ 10.000.

Indeks WSJ Dollar turun dalam tiga sesi back-to-back | 
Sumber: WSJ

Indeks diperdagangkan pada level tertinggi baru tahun ini – mendekati 97 – pada bulan Maret 2020. Bulan ini melihat hampir setiap aset berisiko jatuh ke rekor terendah tahunannya di tengah kekalahan pasar global . Kehancuran muncul ketika ekonomi utama memasuki tahap penguncian di tengah pandemi virus yang menyebar cepat.

Investor menjual aset lain, termasuk Bitcoin, untuk mencari keamanan dalam dolar AS.

Tetapi situasi sekarang berbalik kembali ke normal. Jumlah infeksi dan kematian yang disebabkan oleh virus menurun di AS, Eropa, dan Cina. Ini mendorong pemerintah untuk mengurangi pembatasan penguncian, yang mengarah ke peningkatan moderat dalam aktivitas pabrik.

Chris Turner, kepala strategi Forex di ING Bank, mengatakan kepercayaan perlahan-lahan kembali ke pasar, yang mendorong investor untuk mengurangi dolar dan beralih ke alternatif yang lebih berisiko. Homecoming fiat, secara keseluruhan, meninggalkan Bitcoin dalam kondisi yang lebih sehat.

PERPECAHAN AS-CINA

Kutu Bitcoin di atas $ 10.000 juga muncul dengan latar belakang keretakan geopolitik yang meningkat antara AS dan Cina.

Pedagang menyematkan sentimen mereka pada peringatan berulang-ulang Donald Trump ke Beijing atas hukum keamanan Hong Kong yang kontroversial. Sementara presiden AS belum mengambil tindakan besar terhadap daratan, para investor sudah mulai mempertimbangkan kemungkinan perang dagang lain.

Sentimen muncul setelah China memerintahkan perusahaan regionalnya untuk sementara menghentikan pembelian produk pertanian AS, termasuk kedelai.

Bitcoin cenderung bereaksi positif terhadap perang dagang. Cryptocurrency naik lebih dari 200 persen terhadap yang dimulai pada 2019. Pedagang percaya itu akan melakukan aksi terbalik yang sama karena kekhawatiran atas ” perang dingin ” baru antara kenaikan AS dan Cina.

sumber

JOIN TELEGRAM BITCOIN INDONESIA
(GRATIS SINYAL TRADING)