Mampukah Litecoin Mengejar XRP Sebelum Halving Day

11
litecoin indonesia
litecoin indonesia

Hallo Komunitas Bitcoin Indonesia , Hari Kemarin Litecoin Menunjukan Kemampuanya dengan kenaikan harganya Menembus Rp 2.000.000 , dari sebelumnya Rp 1.839.000 , LTC mengalami kenaikan kurang lebih 8% dari hari kemarin. Kapitalisasi Pasar LTC telah meningkat sekitar $ 2 Miliar dan telah mengungguli Bitcoin Cash. Ketika Trend Bullish yang ditunjukan oleh Litecoin ini, Apakah LTC mampu menyalip posisi XRP sebelum Perungarangan Reward terjadi.

Peristiwa Halving Day Litecoin

Halving day adalah, dimana reward yang diberikan kepada penambang akan dikurangi setengahnya. saat ini reward penambang LTC sebesar 25 LTC per blok, dan setelah halving terjadi, reward yang diberikan hanya 12.5 LTC per blok, peristiwa Halving day pada Litecoin akan terjadi pada Blok 1.680.000 , atau sekitar 50 Hari dari artikel ini dibuat.

Peristiwa Halving Day ini juga terjadi pada bitcoin, kamu bisa baca artikelnya di Prediksi Harga Bitcoin di Akhir Tahun 2019 yang juga membahas tentang Halving dari Bitcoin

Banyak Investor yang percaya bahwa kenaikan harga Litecoin beberapa bulan terakhir berhubungan dengan pengurangan reward miner yang akan datang ini.

LTC/IDR market indodax.com

Litecoin mengalami titik harga terendah pada tanggal 18 Desember 2018. Harga LTC waktu itu sekitar $22 atau Sekitar Rp 326.000 , itu berarti Litecoin sudah naik sekitar 512% dari waktu itu. Saat ini Litecoin Berada di Harga Rp 2.026.000

Peristiwa Halving Day pada Litecoin ini adalah bukan untuk yang pertama kalinya, peristiwa Halving sebelumnya terjadi pada tanggal 26 agustus 2015 silam, tepatnya pada ketinggian blok 840.000 yang mengurangi reward block dari 50 LTC menjadi 25 LTC.

Pada waktu itu Litecoin juga menunjukan kenaikan harga hingga 500% yakni dari $ 1.46 menjadi $ 8.97 dan pada akhirnya kembali turun hingga 76% sehari sebelum peristiwa halving day.

Sentimen Pasar Litecoin

Walaupun telah terjadi penurunan harga besar2an sehari sebelum peristiwa halving di tahun 2015 silam, sepertinya investor sudah melupakanya, dan memprediksi, Litecoin akan membentuk Titik harga tertinggi baru (ATH Baru) pada halving day yang akan datang.

Akanlah Litecoin Bisa Mengambil Posisi XRP

Saat ini kapitalisasi Pasar Litecoin Sebesar $ 8 Miliar, Sedangkan XRP Sebesar $ 16 Miliar dimana 2 kali lipat dari marketcap Litecoin, jika Litecoin ini mengambil posisi XRP sebagai Cryptocurrency terbesar ke 3, setidaknya litecoin butuh $ 8 Miliar untuk menyeimbangi XRP

Di kondisi pasar yang seperti ini , sepertinya masih tidak mungkin Litecoin bisa mengambil posisi XRP. namun jika LTC bisa menembus ATH dalam waktu dekat, maka akan terjadi Spekulasi ATH baru dari para investor yang bisa saja memungkinkan mendekati posisi XRP

Walaupun Pasar Litecoin Saat ini meningkat, sebenarnya momen ini bisa saja digunakan untuk mengambil profit untuk sebagian investor.

Diluar itu, XRP masih belum menunjukan Peningkatan harga dalam kenaikan bitcoin beberapa pekan terakhir, dan bisa saja XRP akan Bull Run untuk meningkatkan Kapitalisasi pasarnya sehingga sangat sulit bagi Litecoin untuk mengejarnya.

Disclaimer :

Ulasan diatas, hanya dari persepektif penulis, yang diambil dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi, gunakan informasi diatas hanya sebagai pembelajaran, bukan sebagai dasar untuk mengambil keputusan dalam perdagangan, segala bentuk resiko yang diambil dari perdagangna anda adalah tanggung jawab masing – masing.

Tulisan ini terinspirasi dari artikel Cryptoslate.com

Salam Profit!