4 Tips Sebelum Investasi di Bitcoin

457
ilustrasi : investasi bitcoin
ilustrasi : investasi bitcoin

Hallo Pemirsa Bitcoin Indonesia , Mungkin kalian bingung, bagaimana cara berinvestasi di bitcoin dan berapa keuntungan yang didapat serta bagaimana resikonya, sebelum memutuskan melakukan investasi di bitcoin ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui, saya bagi menjadi 4 hal yang wajib kalian ketahui sebelum berinvestasi di bitcoin

Kenali Produk Investasi Anda

Tentu dalam hal kali ini adalah kenali apa itu bitcoin , pakar investasi mengatakan “janganlah berinvestasi di instrumen yang tidak kalian mengerti” jadi sebelum memutuskan berinvestasi, kalian harus tau betul, Apa Itu Bitcoin , Bagaimana Cara kerjanya, Mengenal Teknologi Blockchain , dan semua yang berhubungan dengan bitcoin.

Memilih Platform Investasi Bitcoin

Jangan sampai salah pilih, karena platform ini akan anda percayakan untuk menjaga aset digital anda, sebenarnya untuk bitcoin sendiri , bisa kamu simpan di wallet sendiri dimana hanya kamu yang bisa membukanya, dengan menggunakan Private Key. Namun sebagian besar orang awam tentu kurang familiar dengan private key. takutnya ketika private key itu hilang, tidak ada yang bisa menyelamatkan asetmu.

Untuk pemula lebih baik cari penyedia Wallet Bitcoin terpercaya. agar nantinya dana yang kamu investasikan aman. saat ini ada banyak penyedia wallet bitcoin dan bisa langsung kamu jual dalam bentuk rupiah, seperti Luno , atau wallet yang sekaligus bisa untuk melakukan perdagangan seperti indodax. kedua wallet tersebut adalah wallet sudah resmi dan memiliki badan hukum. jadi tidak usah ragu untuk menyimpan aset digital anda di kedua wallet tersebut.

Bedakan Antara Investor dengan Trader Bitcoin

Banyak yang salah paham dengan kedua profesi ini, kamu harus bisa membedakan Antara Investor Bitcoin dan Trader Bitcoin, investor pada umumnya menyisihkan uang yang mereka punya dan disimpan dalam bentuk aset seperti bitcoin ini, dan menyimpanya dalam kurun waktu tertentu. ada dalam waktu 1 tahun 3 tahun bahkan ada yang sampai 5 tahun atau 10 tahun, sedangkan trader, mereka umumnya tidak menyimpan terlalu lama, trader mengambil keuntungan dalam waktu yang lebih singkat dengan memperjual belikan aset yang mereka punya.

Berinvestasilah dengan uang dingin

Investasi bitcoin tidak harus menghabiskan semua aset anda untuk membeli bitcoin. gunakan hanya sebagian kecil dari aset yang kalian punya.dimana ketika aset tersebut tidak berjalan seperti yang kalian inginkan, anda tidak akan merasa kecewa. bayangkan saja, ketika harga bitcoin hanya $1 pada 2010 , jika anda membeli 1 juta rupiah saja pada waktu itu, sekarang sudah bernilai menjadi 7.5 Miliar. BTC = $7.500. jadi tidak masalah berapa besar nominal yang kalian investasikan, tapi seberapa kuat anda bisa menjaga aset tersebut.

Perlu diketahui, Harga Bitcoin tidak pasti akan terus naik, tentu saja akan ada penurunan harga karena menganut supply and demand. seperti tahun 2018 lalu harga bitcoin turun secara dramatis, tapi siapa yang menyangka, harga bitcoin 2019 ini kembali pulih bahkan naik lebih dari 100% dari awal tahun 2019.

nah itu dia tips berinvestasi di bitcoin. ke 4 tips diatas, adalah pengalaman pribadi saya ketika mulai mengenal bitcoin, semoga tips ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog ini. salam profit!