Pahami Cara Kerja Pump and Dump di Trading Bitcoin dan Altcoin

188
cara kerja pump and dump
cara kerja pump and dump

Hallo Bitcoiners, Hali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Kerja pump and Dump coin yang biasanya sering terjadi pada altcoin yang mempunyai market kecil dan mudah dipermainkan.

Buat kalian yang sama sekali belum mengerti apa itu Pump and Dump silakan baca artikel saya yang membahas Pengertian Pump and Dump pada artikel sebelumnya.

Nah Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara kerja pump and dump ini yang biasanya sering dinantikan para trader untuk ikut masuk dan mengambil sedikit keuntungan dalam waktu cepat.

Sebenarnya aksi pump and dump ini tidak terlalu susah untuk di deteksi, nda akan sering melihat pola pembelian seperti yang ada di grafik ini. Harganya jatuh dan naik hanya sedikit setiap kali pemain membeli, memuat koin murah tanpa menarik terlalu banyak perhatian.

ccn.com pump and dump schema.

Ada beberapa peran dalam melakukan pump and dump ini, yang pertama adalah, si pengumpul coin, pada saat harga altcoin jatuh, dengan sabar si pengumpul coin ini, menimpun coin target yang akan di pump, kegiatan ini bisa berjam jam , berhari hari , bahkan berminggu minggu. setelah terkumpul dengan banyak, mulailah si pengumpul coin ini membangun buzz. dengan menaikan harga coin yang mereka kumpulkan tadi.

Setelah mereka membeli koin, para pemain menuju ke forum dan kotak obrolan (chat room) untuk membicarakan koin pilihan mereka. Mereka akan menggunakan beberapa akun berbeda, dan mungkin ada banyak pemain yang terlibat membantu menjadikan ini terlihat nyata. Koin akan dinyalakan hingga ada desas-desus dan orang-orang mulai membeli – ini adalah saat pemompaan terjadi. Obrolan mengambil pada platform perdagangan , dan orang-orang mulai membeli koin yang menyebabkan harga naik keatas. Ini memicu buzz lebih jauh, dan lebih banyak orang mulai membeli.

Setelah koin mencapai titik tinggi, para pemain akan mulai menjual koin mereka, tetapi tidak semuanya sekaligus – ini menandakan proses pembuangan akan segera dimulai. Itu bisa terjadi dalam hitungan detik atau diseret keluar berjam-jam. Pemain akan menjual sejumlah kecil koin secepat mungkin tanpa menyeret harga turun sampai keluar. Setelah pemain keluar, penjualan panik dimulai, dan ini adalah saat proses dumping terjadi. Harganya tidak lagi naik volumenya turun, dan orang-orang mulai menyadari pesanan jual mereka sendiri tidak terisi. Penjual panik akan menjual di bawah nilai pasar hanya untuk keluar, dan ini dapat membuat nilai koin jatuh ke lantai.

Baca Juga : 20 Tips Strategi Trading Bitcoin untuk Profit yang Maksimal

Para pemain adalah orang-orang yang kaya alias Cukong, dan mereka memiliki modal dan pengetahuan untuk melakukannya, tapi jika kamu pandai membaca situasi, bukan berarti kamu harus rugi setiap hal ini terjadi, malah bisa untung dengan cepat.

Nah demikian cara kerja aksi pump and dumb yang serting terjadi pada pasar crypto khususnya altcoin , semoga bermanfaat.