Mengenal GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional

by

Bank Indonesia – Inovasi terbaik datang dari sistem pembayaran non tunai kita di indonesia. kini indonesia sudah mempunyai GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. fungsinya itu sama seperti logo Visa atau Mastercard yang ada di setiap kartu bank kita saat ini. nah seperti apakah GPN itu dan apa dampaknya terhadap transaksi non tunai di indonesia ?

Apa itu GPN ?

Sebelum kita bicara lebih panjang kenali dulu apa itu GPN. GPN adalah suatu sistem integrasi transaksi antar bank. sama seperti kita ketahui di dalam cryptocurrency GPN ini fungsinya hampir mirip sebagai Miner atau Mining. dimana dalam transaksi harus ada validasi untuk menentukan apakah transaksi ini sah atau tidak. di dalam Bank juga ada. namun sifatnya central dan diatur oleh bank indonesia. sedangkan di dunia crypto bersifat desentralisasi atau tidak diatur oleh siapapun. dengan punya mining sendiri GPN ini. biaya transaksi lebih ringan dibandingkan menggunakan miner visa dan mastercard yang lokasinya di Amerika (hanya contoh ya hehe)

Dan seperti yang dilansir di detik.com Setiap Bank yang beroprasi di Indonesia harus mengadopsi sistem GPN ini dan membuat kartu berlogo GPN yang identik dengan lambang garuda.

nah dengan adanya GPN ini negara indonesia tidak bergantung sepenuhnya lagi dengan Visa dan Mastercard. dan biaya transaksi antar bank pun menjadi lebih rendah.

Dikutip dari detik.com Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky P Wibowo mengatakan dengan sistem GPN ini maka nasabah lebih dipermudah dalam menjalankan transaksi keuangan menggunakan kartu debit perbankan.

Dia bilang, saat ini jumlah bank yang mengeluarkan kartu berlogo GPN terus meningkat.

Jadi semakin lama semakin banyak. Mulai 31 Maret 2018, seluruh bank mulai menerbitkan kartu berlogo nasional. Di bulan itu kartu tercetak 491 ribu, dan terdistribusi 252 ribu,” kata Pungky dalam sebuah diskusi di Hotel Borobudur beberapa waktu lalu.

Pungky mengatakan, BI sendiri menargetkan agar masyarakat bisa terdistribusikan kartu berlogo GPN sebanyak 13,3 juta kartu hingga akhir 2018. Saat ini, kata Pungky, Bi terus melakukan sosialisasi untuk membuat masyarakat lebih paham mengenai manfaat GPN.

“Untuk melakukan akselerasi dalam distribusi kartu berlogo nasional, BI memfokuskan kampanye nasional GPN. Kita beri tahu manfaat kartu berlogo nasional ini apa,” jelasnya.

Topik :

cara arbit amazon|gpn bitcoin|sistem pembayaran mirip GPN|
Follow Channel kami di Telegram