SEC : Bitcoin dan Ethereum Bukan Sekuritas Tetapi Beberapa ICO Mungkin

212
crypto miner
crypto miner

Berita tentang Cryptocurrency mulai trending lagi yang datangnya dari pejabat SEC (security exchange commision) Kata Pejabat SEC melalui wawancara di CNBC bahwa Bitcoin dan Ethereum Bukan Sekuritas. Tapi Beberapa ICO (initial coin offering) adalah sekuritas dan akan berada dibawah kendali SEC dan Undang – undang sekuritas yang relevan. sebuah sinar cerah bagi para pelaku ICO agar nantinya bisa memenuhi persyaratan agar bisa masuk dalam naungan SEC.

“Pusat untuk menentukan apakah keamanan sedang dijual adalah bagaimana dijual dan harapan yang masuk akal dari pembeli,” William Hinman, kepala Divisi Corporate Finance untuk SEC, mengatakan dalam sebuah pidato di Yahoo All Markets Summit: Crypto konferensi di San Francisco. (cnbc)

Baca juga : Inilah Harga Altcoin Indodax Saat Harga Bitcoin 250jt

Hinman mengatakan masalah utama dalam menentukan apakah cryptocurrency dan ICO adalah sekuritas adalah ekspektasi pengembalian oleh pihak ketiga, khususnya apakah ada seseorang atau kelompok yang mensponsori penciptaan dan penjualan aset, dan yang memainkan peran penting dalam pengembangan dan pemeliharaan. Untuk pembeli aset, kuncinya adalah apakah mereka mencari laba atas investasi.

Jika ada pihak ketiga yang terpusat, bersama dengan pembeli dengan harapan pengembalian, daripada kemungkinan keamanan, kata Hinman.

Tapi Hinman juga memberi contoh di mana cryptoassets tidak akan dianggap sekuritas dan tidak akan datang di bawah lingkup SEC.

Kuncinya adalah Dentralisasi

Hinman secara khusus mengatakan bahwa bitcoin bukanlah sekuritas karena terdesentralisasi: tidak ada pihak pusat yang upaya merupakan faktor penentu utama dalam perusahaan. Selain itu, Ethereum juga bukan sekuritas karena jaringan Ethereum juga terdesentralisasi.

Baca juga : Jangan Panik! Ini Alasan Bitcoin Turun Sampai $6700

Mr Hinman tidak membahas status sekuritas dari cryptocurrency lainnya, terutama (XRP), yang merupakan subyek dari gugatan yang menyatakan bahwa itu adalah sekuritas, mencatat hanya bahwa “Seiring waktu, mungkin ada jaringan dan sistem lain yang cukup terdesentralisasi di mana mengatur token atau koin yang berfungsi pada mereka sebagai sekuritas mungkin tidak diperlukan. ”

Mengenai ICO, Hinman juga mengakui bahwa beberapa aset digital dapat terstruktur lebih seperti barang konsumen daripada keamanan, terutama jika aset dibeli untuk penggunaan pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai investasi. Hinman tampaknya menyiratkan bahwa jenis penawaran ini – investasi di klub buku, atau keanggotaan klub golf, misalnya – kemungkinan bukan sekuritas.

Hinman membela interpretasi ketat SEC terhadap undang-undang sekuritas, mencatat bahwa “Ada kegembiraan dan banyak minat spekulatif seputar teknologi baru ini. Sayangnya, ada juga beberapa kasus penipuan.”

Hinman mengakui bahwa mungkin masih ada kebingungan tentang bagaimana menentukan apakah cryptocurrency dan ICO adalah sekuritas dan bahwa kantornya bersedia membantu: “Kami siap untuk memberikan panduan interpretif atau tidak ada tindakan yang lebih formal tentang karakterisasi yang tepat dari digital aset dalam penggunaan yang diusulkan. “

Sumber Refrensi : CNBC