Bursa Cryptocurrency Terbesar Korea Selatan Diselidiki oleh Polisi Lokal, Pasar Turun

by

UPbit, pertukaran cryptocurrency terbesar Korea Selatan, diselidiki oleh polisi setempat dan 10 penyelidik setelah markasnya di Seoul diserbu. Chosun, outlet media arus utama negara itu, melaporkan bahwa pihak berwenang Korea Selatan mencurigai UPbit dari dana pelanggan yang bergerak secara gelap ke akun para eksekutifnya.

Investigasi yang Sedang Berlangsung

Pada 10 Mei, polisi lokal Seoul dan 10 penyelidik dari Unit Intelijen Keuangan Korea (KIU) dan Komisi Jasa Keuangan Korea (FSC) menyerbu markas besar UPbit dan menyita kantor mereka untuk melakukan penyelidikan resmi terhadap pergerakan dana yang mencurigakan dari Perpindahan cryptocurrency UPbit ke akun pribadi para eksekutif UPbit.

Chosun bersama dengan jaringan berita utama lainnya termasuk Hani melaporkan bahwa polisi Korea Selatan secara ekstensif menyelidiki tuduhan penipuan dan pergerakan dana gelap dari dompet klien.

Reaksi umum dari komunitas cryptocurrency di Korea Selatan dan ruang cryptocurrency global adalah bahwa eksekutif UPBit seharusnya tidak memiliki motivasi untuk melakukan kejahatan seperti itu mengingat bahwa pertukaran cryptocurrency telah menghasilkan ratusan juta dolar dalam laba setiap kuartal sejak awal 2017 .

Investigasi ke UPbit masih berlangsung dan polisi setempat belum merilis laporan akhir tentang situasi. Tapi, seperti yang terjadi dengan Coinnest, jika pihak berwenang Korea Selatan menemukan bukti yang jelas dalam pergerakan dana klien ke akun eksternal, itu bisa menyebabkan pertukaran baik secara permanen atau sementara mematikan.

“Kami telah mengamankan hard disk dan buku akuntansi melalui penyitaan. Analisis diperkirakan memakan waktu berhari-hari, ”kata pihak berwenang, menambahkan bahwa laporan akhir tentang kasus UPbit akan dirilis minggu depan.

Sementara itu, tim pengembangan operator pertukaran menyatakan bahwa platform tersebut masih beroperasi dan akan terus melayani pengguna sampai pemberitahuan lebih lanjut dikirim oleh polisi setempat.

“UPbit saat ini sedang diselidiki oleh jaksa, dan kami bekerja dengan giat. Layanan UPbit seperti semua transaksi dan penarikan beroperasi secara normal. Aset Anda disimpan dengan aman di akun Anda, sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda dapat menggunakan layanan UPbit. ”

Situasi Tertekan
Bulan lalu, presiden Coinnest, sebelumnya merupakan mata uang cryptocurrency utama di Korea Selatan, ditangkap karena diduga mencuri dana pengguna dan mengalokasikannya ke akun cryptocurrency pribadinya. Menurut Hani, Coinnest pernah menjadi mata uang cryptocurrency terbesar ketiga di Korea Selatan, yang juga mengoperasikan operasi penambangan cryptocurrency besar.

Polisi dan penyelidik setempat menemukan bahwa dana klien dikirim ke akun pribadi para eksekutif di Coinnest dan segera menangkap presidennya.

Coinnest masih berfungsi, setelah dewan mengumumkan bahwa mereka telah menggantikan tim eksekutif perusahaan dan akan terus beroperasi sebagai platform perdagangan cryptocurrency lokal.

Secara keseluruhan, reaksi pasar cryptocurrency untuk investigasi ke dalam UPbit dapat dianggap sebagai berlebihan untuk investigasi yang sedang berlangsung dan investor pada platform perdagangan masih dapat berdagang dan menarik dana mereka. Tapi, analis telah menyatakan bahwa kasus tersebut telah menyebabkan pasar cryptocurrency menurun dengan margin besar selama 12 jam terakhir.

Kesimpulan : Dengan Melemahnya harga bitcoin global juga menyebabkan melemahnya harga bitcoin di indonesia terjadi penurunan sekitar 10% di hari ini. harga bitcoin dengan rupiah saat artikel ini ditulis Rp122.500.000 , Bergerak turun dari harga 137.000.000 .

Nah, Bagaimana Menurut anda ? akankah akan terus turun atau akan memantul keatas lagi ?

 

sumber : https://www.ccn.com/south-koreas-biggest-cryptocurrency-exchange-investigated-by-local-police-market-drops/