Menjadi Trader atau Investor ? Jangan Sampai Salah Paham

by

Menjadi Trader atau Investor – Untuk kalian yang baru dalam dunia Saham ataupun Crypto. mulailah mengambil sikap dari awal. agar nantinya konsisten dalam melakukan sesuatu. yang harus kalian tentukan diawal dalam dunia cryptocurrency ataupun saham adalah. apakah anda akan menjadi Trader atau Long Term Investor ? lalu manakah yang lebih Menguntungkan ?

Jika anda sebagai trader, anda akan sering melakukan jual beli, mungkin saja anda membeli pada pagi hari dan menjual pada sore lalu memperoleh untung. Sebagai long term investor, anda akan membeli perusahaan / Coin yang bagus dan menyimpannya untuk waktu yang lama atau berbulan-bulan dan membiarkan waktu yang berjalan menaikan harga coin anda.

baca juga : Trading harian Profit 10% Perhari di Binance

Jika anda Sebagai seorang long term investor, berikut adalah beberapa alasan mengapa anda juga perlu menjadi long term investor. Saya tidak akan memaksa anda menjadi long term investor jika anda sudah menjadi seorang trader. Mengapa? Karena dengan adanya para trader dunia crypto menjadi lebih berwarna. Jika semua adalah long term investor, bagaimana kita dapat membeli suatu coin/token yang murah karena tidak ada lagi trader panik yang menjual Coin/sahamnya dengan murah. Ok, berikut adalah alasannya:

  1. Menjadi trader berarti anda perlu menebak/menganalisis arah harga dalam jangka pendek. Mungkin saja anda mengira harga akan naik besok lalu membeli pada pagi hari dengan niat menjual pada esok hari. Dalam benak anda mungkin berpikir “Lumayan untung 5% dalam 1 hari”. Namun dalam jangka pendek sangat sulit menebak harga. Bisa saja ada berita-berita baru yang akan menggerakkan pasar pada saat kita tidur, akibatnya pada esok harinya harga akan turun alias sor sor sor hehee.
  2. investasi jangka panjang memiliki resiko yang lebih kecil karena anda terhindar dari kesalahan menebak harga dalam jangka pendek. namun yang harus diingat disini adalah. Pastikan anda sudah membeli coin/token yang berada jauh dibawah atau mendekati support. biasakan liat chat harian atau mingguan untuk lebih mudah melihat posisi coin yang ingin kalian investasikan.
  3. Sebagai trader yang jangka investasinya pendek, berarti anda akan mengalami tingkat stress yang lebih tinggi di bandingkan investor jangka panjang. Misalnya ketika pasar sedang buruk dan kerugian anda sudah lumayan banyak, anda mungkin akan sulit tidur dan terus berpikir bagaimana kalau besok turun lagi. apa benar begitu ? Bagi investor jangka panjang, hal seperti ini tidak menggangu mereka dan bahkan membuat mereka senang, karena berarti mereka dapat membeli diharga murah. Untuk lebih berhasil dalam investasi anda dalam jangka panjang, anda harus selalu menambah investasi anda secara berkala misalnya tiap bulan setelah mendapat gaji. Jadikan pekerjaan dan bisnis anda sebagai sumber untuk investasi anda, misalnya dengan menyisihkan 20% dari gaji untuk pembelian saham tiap bulannya
  4. Jika anda seorang trader yang sering melihat chart maka anda akan kehilangan banyak waktu. Bayangkan jika dalam satu hari anda melihat chart 1 jam, atau bahkan ada yang nonstop, maka dalam seminggu anda kehilangan waktu 5 jam, dan dalam sebulan kehilangan waktu 20 jam. 20 jam tersebut bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis sehingga hasilnya bisa anda gunakan untuk membeli coin. 20 jam juga waktu yang lumayan banyak untuk bermain dengan anak anda. (ingat anak istri)

Nah mungkin itu adalah beberapa perbedaan antara long term investor dengan trader. jika menurut saya pribadi, kunci keberhasilan menjadi seorang trader ataupun long term investor dalam dunia crypto ini adalah Emosinal , atau biasanya disebut Psikologi Trader. dan yang kedua adalah manajemet aset anda. selalu jeli dalam membagi aset yang kalian punya. tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, karena setiap investor maupun trader mempunyai cara pandang yang berbeda – beda dalam mendapatkan profit.

semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda , dan jangan lupa share ke teman teman anda di sosial media atau group ya.

Topik :

cara main saham kaya crypto|cara menjadi crypto trader|harga bitcoin sor|