Mengenal Area Support dan Resistance Trading Bitcoin

664

Salam bitcoiners indonesia – oke untuk para trader crypto pemula , kita akan belajar dasar dalam membaca grafik di bitcoin.co.id atau Indodax.com. tepatnya kita akan membahas apa itu support area dan resistance.

seperti yang kita ketahui, sistem keuntungan dari trading bitcoin atau kripto adalah beli saat murah, dan jual saat lebih mahal dari harga beli. lalu pertanyaanya adalah, bagaimana menentukan harga tersebut adalah murah. ataupun berapa harga koin yang bisa dikategorikan mahal. bingung kan.

oke kita pelajari sedikit demi sedikit. beli saat murah , jual saat mahal. dalam grafik kita bisa artikan kata itu menjadi Beli saat di support area. jual saat di resistance area.

Definisi support dan resistance dalam trading cryptocurrency

Support adalah tingkat atau area harga tertentu yang dapat diyakini sebagai titik terendah pada suatu masa, dimana seakan-akan tingkat harga ini menjaga supaya harga tidak jatuh lebih dalam. Saat menyentuh support, harga seperti memantul kembali ke atas. Jika support ini tertembus (breakdown), maka harga akan turun ke bawah hingga menemukan titik support baru.

contoh sinyal yang menandakan area support seperti gambar dibawah ini :

nah kalo kita lihat grafik diatas, ada 3 kali koreksi harga dimana mencapai garis tersebut harga akan kembali naik. itulah yang disebut area support. sangat bagus jika kalian bisa membeli di harga tersebut.

Sedangkan Resistance adalah kebalikan dari supportResistance adalah tingkat atau area harga tertentu yang diyakini sebagai titik atau area tertinggi pada suatu masa, dimana aksi jual cukup besar sehingga menghambat harga bergerak naik. Biasanya harga akan turun setelah menyentuh harga resistance. Jika resistance tembus (breakout), harga akan naik hingga resistance berikutnya.

contoh sinyal resistance adalah sebagai berikut :

pada sinyal diatas kita bisa lihat terdapat 3 kali harga naik dimana mencapai titik itu. harga kembali turun. nah itulah yang disebut resistance.

baca juga : Pengalaman Saya Jual Beli Bitcoin Indonesia

jadi kesimpulanya. pastikan anda membeli saat di support area. dan menjual di area resistance. walaupun saat anda menjual koin anda dan mendapatkan profit, dan hargapun tetap naik. tidak usah bersedih. yang penting kan sudah profit. dan jangan terbawa nafsu untuk membeli lagi. tetap tenang. tunggu harga hingga turun lagi baru beli lagi.

oke demikian tutorial kali ini, mudah2an bisa menambah wawasan anda dalam dunia trading khususnya di dunia crypto atau bitcoin.

Buat kalian yang belum daftar bitcoin kalian bisa daftar di Indodax.com

salam profit. jika anda suka artikel ini jangan lupa share dan komentarnya ya.